Rabu, Oktober 16, 2013

PERILAKU KONSUMEN "Hal yang Dilakukan Produsen/Perusahaan Terhadap Produknya ketika Perusahaan Melakukan Segmentasi pasar"


BAB I
PENDAHULUAN

A.LATAR BELAKANG
Melalui segmentasi pasar,perusahaan membagi pasar dan heterogen menjadi segmen yang lebih kecil yang dapat dicapai secara lebih efisien dan efektif dengan produk dan jasa yang sesuai dengan kebutuhan unik mereka.

B.RUMUSAN MASALAH
1. Apakah yang dimaksud dengan segmentasi pasar
2.Bagaimana persyaratan segmentasi pasar yang efektif bagi perusahaan
3.Bagaimana kriteria segmentasi pasar yang baik bagi perusahaan
4. Bagaimana cara penetapan target pasar dalam segmentasi pasar
5. Bagaimanakah hubungan penetapan pasar sasaran dengan segmentasi pasar
6. Bagaimana cara menentukan
strategi Penentuan Posisi Produk

C.TUJUAN MASALAH
1. Untuk mengetahui definisi segmentasi pasar
2. Untuk mengetahui persyaratan segmentasi pasar yang efektif bagi perusahaan
3. Untuk mengetahui kriteria segmentasi pasar yang baik bagi perusahaan
4. Untuk mengetahui cara penetapan target pasar dalam segmentasi pasar
5. Untuk mengetahui hubungan penetapan pasar sasaran dengan segmentasi pasar

BAB II
ISI

A.      DEFINISI SEGMENTASI PASAR
segmentasi pasar mencakup pembagian pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli yang lebih kecil dengankebutuhan, karakteristik, atau perilaku perbedaan yang mungkin memerlukan produk atau bauran pemasaran tersendiri. Perusahaan mengidentifikasi berbagai cara untuk melakukan sementasi pasar dan mengembangakan profil segmen pasar yang dihasilkan. Penetapan target pasar terdiri dari mengevaluasi masing-masing daya tarik segmen pasar dan memilih satu atau lebih segmen pasar untuk dimasuki.

B.      PERSYARATAN SEGMENTASI PASAR YANG EFEKTIF
Ada beberapa kriteria segmantasi pasar yang harus dipenuhi agar segmentasi pasar dapat bergerak secara efektif,yaitu :
a. Terukur(measurable)
Terdiri atas ukuran,daya beli dan karaktistik segmen dapat diukur

b. Substansial
merupakan segmen yang cukup besar dan menguntungkan untuk dilayani. Suatu segmen harus merupakan kelompok homogen terbesar yang paling mungkin,yangberharga untuk diraih dengan program pemasaran yang dirancang khusus.

c. Dapat Diakses
merupakan segmentasi pasar yang dapat dijangkau dan dilayani secara efektif.

d. Dapat Didiferensiasi
merupakan segmen-segmen secara konseptual dapat dipisah-pisahkan dan memberikan tanggapan-tanggapan yang berbeda terhadap elemen dan pogram bauran pemasaran yang berbeda. 

e. Dapat Ditindaklanjutin
merupakan program-program segmen yang efektif yang dapat diformulasikan untuk dapat menarik dan melayani segmen-segmen tersebut.

C.     KRITERIA SEGMENTASI PASAR
Adapun jenis kriteria segmentasi pasar ialah menyesuaikan program pemasaran agar dapat mengenali perbedaan pelanggan. Kriteria segmentasi pasar tersebut terdiri atas beberapa bagian sbb:
1. Segmentasi Geografis
Segmentasi geografis merupakan pemagian pasar yang terdiri dari berbagai unit geografis seperti negara,negara bagian,wilayah,kabupaten,kota,atau lingkungan sekitar. Misalnya hotel JW Marriot menyesuaikan kamar dan lobi menurut lokasi. seperti hotel yang berada di Timur lebih kosmopolitan,sedangkan yang di Barat lebih bernuansa pedesaan. 

2. Segmentasi Demografis
Segmentasi pasar secara demografis,terbagi menjadi beberapa kelompok-kelompok berdasarkan variabel-variabel seperti usia,ukuran keluarga,siklus hidup keluarga,jenis kelamin,penghasilan,pekerjaan,pendidikan,agama,ras,generasi,kebangsaan,dan kelas sosial. segmentasi variabel sangat populer bagi pemasar. Hal ini dikarenakan variabel ini sangat erat kaitannya dengan kebutuhan dan keinginan konsumen,serta mudah diukur.
3. Segmentasi Psikografis
Psikografis merupakan ilmu yang digunakan psikologi dan demografi,agar dapat memahami konsumen. Sehingga,dalam segmentasi pasar secara psikografis pembeli dapat dibagi menjadi beberapa kelompok berdasarkan sifat psikologis/kepribadian,gaya hidup,sikap,motivasi,ataupun nilai. Hal ini dapat dilihat ketika sikap konsumen terhadap produk tertentu.

4. Segmentasi Perilaku
Dalam segmentasi perilaku ataupun kebiasaan,pemasar membagi pembeli menjadi beberapa kelompok berdasarkan pengetahuan,sikap,penggunaan,atau respon konsumen terhadap suatu produk.

D.    PENETAPAN TARGET PASAR
Penetapan sasaran pasar merupakan pasar yang akan dilayani oleh perusahaan. Sasaran pasar perlu ditetapkan agar strategi dan program pemasaran dapat lebih terarah pada sasarannya. Untuk  menetapakan sasaran pasarnya,perusahaan perlu terebih dahulu melakukan penilaian terhadap masing-masing kelompok pasar. Sehingga dengan dilakukannya penilaian,makaperusahaan akan lebih mudah menentukan pasar yang akan diajdikan sebagai sasarannya.

Ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan sebagai dasar penilaian masing-masing segmen pasar :

·         Luas dan pertumbuhan segmen pasar
Perusahaan perlu melihat perkiran luas pasar,pertumbuhan dan keuntungan pasardan proyeksinya dimasa depan untuk masing-masing segmen. Luas pertumbuhan pasar yang tinggi memang menarik,tetapi memerlukan sumberdaya yang tinggi. Sehingga agar mendapatkan keuntungan yang besar dimasa depan,perusahaan telah memilih segmen pasar yang potensial.

·         Struktur pasar 
Potensial pasar dapat ditunjukan dengan kemampuan pasar tersebut memberikan hasilnya kepada perusahaan. Akan tetapi struktur pasarlah yang dapat menentukan kemampuan posisi pasar tersebut untuk jangka panjang.
Komponen struktur suatu pasar meliputi :
1)      situasi persaingan
2)      pengaruh dari pemasok
3)      kekuatan dari pembeli
4)      barang-barang pengganti maupun komplementernya

·         Tujuan dan kapasitas perusahaan
Tujuan dan kapasitas suatu perusahaan dapat merupakan hal yang utama untuk menentukan kemampuan suatu perusahaan agar dapat menguasai sasaran pasarnya. 


E. HUBUNGAN ANTARA PENETAPAN SASARAN PASAR DAN SEGMENTASI PASAR    Hubungan antara penetapan sasaran Pasar dan Segmentasi pasar dapat dilihat dalam lima pola         segmen,yaitu sbb :

·         konsentrasi segmen-tunggal
dilakukan melalui pemasaran terkonsentrasi ,dimana perusahaan mendapatkan pengetahuan yang kuat tentang kebutuhan segmen,sehingga kehadiran di pasar akan sangat kuat. Selain itu,perusahaan juga dapat menikmati keekonomisan operasi melalui spesialisasi produksi,distribusi,dan promosinya. Sehingga jika perusahaan dapat memimpin segmen,perusahaan dapat memnghasilkan tingkat pengembalian tinggi atas investasinya.

Misalkan perusahaan mobil Volkswagen berkonsentrasi pada pasar mobil kecil,Karena serangannya terhadap pasar mobil besar dengan Phaeto gagal di AS dan Porsche di pasar mobil sport.
·         spesialisasi selektif
perusahaan memilih sejumlah segmen ,masing-masing secara objektif,menarik dan tepat. Mungkin ada sedikit atau tidak ada sinergi antara segmen tersebut,tetapi masing-masing segmen menjanjikan sebagai penghasil uang. Strategi segmen ini mempunyai kelebihan yaitu dapat mendiversifikasikan resiko perusahaan

·         spesialisasi produk
perusahaan membuat produk tertentu dan kemudian dijual kebeberapa segmen pasar. Pembuat mikroskop,misalnya,menjual produk ke universitas,pemerintah,dan laboratorium komersial. Akan tetapi,perusahaan membuat mikroskop yang berbeda untuk tiap kelompok pelanggan yang berbeda dan membangun reputasi kuat dalam wilayah produk ini.

·         spesialisasi pasar
perusahaan terkonsentrasi untuk melayani berbagai kebutuhan dari satu kelompok pelanggan tertentu. Misalnya,perusahaan menjual satu koleksi produk tertentu ke sebuah laboratorium universitas. Maka perusahaan akan mendapatkan reputasi yang kuat dalam melayani kelompok pelanggan ini. Namun sisi buruknya bahwa kelompok pelanggan bisa mengalami potongan anggaran atau penyusutan ukuran.

·         cakupan pasar penuh
Perusahaan melayani semua kelompok pelanggan dengan semua produk yang mungkin mereka butuhkan.
 

F.  STRATEGI PENENTUAN STRATEGI PRODUK
 a. Posisi berdasarkan atribut Produk
Suatu produk dapat dilihat berbeda oleh konsumen menurut atribut produk, misalnya kualitas,harga,penampilan ataupun modelnya.

b. Posisi berdasarkan manfaat produk 
suatu produk dibedakan dengan produk pesaing berdasarkan kegunaan produk,fungsi,atau manfaat menggunakannya. Misalnya kedudukan sepatu olahraga akan fungsi,atau manfaat menggunakannya.

c. Posisi berdasarkan penggunaan produk
suatu produk diposisikan untuk penggunaannya berdasarkan pada saat kondisi tertentu. Misalkan computer dibedakan menurut pamakaian menetap (dekstop) atau untuk kepentingan diperjalanan (laptop).

d. Posisi berdasarkan pemakai produk
suatu produk dibedakan secara langsung sesuai dengan perbedaan atau kekhususan pemakai produk. Misalnya posisi kendaraan menurut kepentingan keluarga akan berbeda dengan posisi kendaraan untuk pemakaian untuk niaga.

e. Posisi yang membedakan langsung dengan pesaing
suatu produk dapat dirancang berbeda secara langsung dengan cara menyinggung atau menyebut atribut produk pesaingnya.


BAB III
KESIMPULAN

Produsen/perusahaan membuat segmentasi pasar untuk memasarkan produknya hal ini disebabkan karena perusahaan tahu,bahwa mereka tidak dapat tampil sebagai pembeli di pasar mereka. Pembeli juga terlalu banyak,terlalu tersebar luas,dan mempunyai kebutuhan dan praktek pembelian yang sangat beragam. Karena itu,sebagian besar perusahaan memasarkan produknya mempraktekkan odpemasaran sasaran dengan mengidentifikasikan pemasaran sasaran,mengidentifikasikan segmen pasar,memilih satu atau lebih segmen pasar, dan mengembangkan produk dan bauran pemasaran untuk masing-masing segmen tersebut.
 



  

0 komentar:

WiL Te~Amo © 2008 Por *Templates para Você*