Rabu, November 06, 2013

“POLA PRILAKU KOSNSUMEN TERHADAP FASHION”



BAB I
PENDAHULUAN
Perilaku pembelian konsumen merupakan perilaku pembelian konsumen akhir seperti perorangan dan rumah tanggga yang membeli barang dan jasa untuk konsumsi pribadi. Semua konsumen akhir ini akan bergabung membentuk pasar konsumen. Konsumen diseluruh dunia mempunyai usia,pendapatan,tingkat pendidikan, dan selera yang sangat beragam . mereka juga membeli barang dan jasa . bagaimana konsumen beragam ini berhubungan satu sama lain dan dengan elemen lain disekitar mereka dan mempengaruhi pilihan mereka diantara produk, jasa , dan perusahaan .
          Konsumen membuat banyak keputusan pembelian setiap hari, sehingga pemasar dapat mempelajari pembelian konsumen yang sebenarnya untuk menemukan apa yang mereka beli, dimana dan berapa banyak. Dalam pembahasan ini akan dijelaskan bagaimana pola perilaku konsumen dalam berbelanja fashion, terhadap faktor pengaruh budaya, sosial, pribadi dan psikologis.


BAB II
ISI

1.  Faktor budaya
Dalam faktor ini pemasar harus memahami peran yang dimainkan oleh budaya , subbudaya dan kelas sosial pembeli. Misalnya dalam Budaya adalah penyebab keinginan dan perilaku seseorang yang paling dasar setiap kelompok atau masyarakat mempunyai budaya, dan pegaruh budaya pada perilaku pembelian bisa sangat berfariasi dari satu negara ke negara lain . dalam hal ini pemasar selalu berusaha menemukan produk baru yang diiinginkan . contoh : perubahan menuju informalitas yang telah banyak menghasilkan lebih banyak menghasilkan pakaian santai atau casual.
2.  Faktor sosial
Perilaku konsumen juga dipengaruhi oleh faktor sosial. Dimana faktor ini dibagi menjadi 4 tingkatan yaitu :
·         Kelas atas yaitu terdiri dari kelas sosial elit yang tinggal dalam warisan kemakmuran dengan gaya fashion yang glamor. Dan dengan model dan merk ternama.
·         Kelas menengah yaitu pengguna fashion yang membeli fashion atau mode pakaian tertentu hanya dengan mengikuti perubahan mode dari waktu ke waktu.
·         Kelas pekerja yaitu kelas yang menggunakan fashion hanya untuk bergaya sesaat.
·         Kelas bawah yaitu kelas menggunakan fashion sesuai dengan pendapatan ekonominya.
3.  Faktor pribadi
Yaitu keputusan pembelian yang dipengaruhi karakteristik pribadi seperti usia, pekerjaan, situasi, gaya hidup, serta kepribadian konsep diri.  Misalnya dalam ini penggunaan mode fashion pada usia balita berbeda dengan mode fashion remaja dan dewasa. Begitu juga model fashion pada pekerja kantoran  yang berbeda dengan mode fashion orang yang bekerja dirumahan.

4.   Faktor Psikologis
Yaitu pembelian seorang konsumen yang dipengaruhi oleh faktor motivasi,persepsi,pembelajaran,serta keyakinan dan sikap.
·       Motivasi merupakan kebutuhan tertentu dengan tekanan kuat yang mengarahkan sseorang mencari kepuasan. Misalnya dalam hal ini seseorang menggunakan fashion tertentu berdasarkan pujian atau hanya kepuasan semata.
·       Persepsi merupakan proses dimana orang memilih,mengatur dan mengintrepretasikan informasi untuk membentuk gambaran yang berarti. Misalnya seseorang menggunakan fashion hanya dipengaruhi oleh persepsi tentang dirinya.

Kesimpulan

Perilaku pembelian konsumen dipengaruhi oleh empat kelompok utama karakteristik pembeli yaitu : budaya,sosial,pribadi,dan psikologi.Meskipun banyak dari faktor-faktor ini yang tidak dapat dipengaruhi oleh pemasar,faktor-faktor ini berguna dalam menegenali pembeli yang berminat dan membentuk produk dan tampilan untuk melayani kebutuhan konsumen dengan lebih baik.Orang dengan karakteristik budaya dan subbudaya yang berbeda mempunyai preferensi produk dan merek yang berbeda terhadap fashion.Akibatnya,pemasar mungkin ingin memfokuskan program pemasaran mereka pada kebutuhan khusus kelompok tertentu.Faktor sosial juga mempengaruhi perilaku pembeli.Kelompok referensi seseorang-keluarga,teman-teman,organisasi sosial,asosiasi profesional-mempengaruhi pilihan produk dan merek dengan kuat.Usia pembeli,tahap siklus hidup,pekerjaan,keadaan ekonomi,gaya hidup,kepribadian,mempengaruhi keputusan pembeliannya.Gaya hidup konsumen-keseluruhan pola tindakan dan interaksi di dunia-juga merupakan pengaruh penting terhadap keputusan pembelian.Terakhir,perilaku pembelian konsumen terhadap fashion dipengaruhi oleh empat faktor psikologi utama-yaitu: motivasi,persepsi,pembelajaran,dan keyakinan serta sikap.

0 komentar:

WiL Te~Amo © 2008 Por *Templates para Você*