Jumat, Oktober 26, 2012

Peran UKM



Peranan UKM (Usaha Kecil Menengah) Dalam Perekonomian Nasional

Definisi & Peran UKM Menurut UU beserta contoh usaha
Menurut keputusan Presiden RI No 99 Tahun 1998,usaha kecil menengah ialah “kegiatan  ekonomi rakyat yang berskala kecil dengan bidang usaha yang secara mayoritas merupakan kegiatan usaha kecil dan perlu dilindungi untuk mencegah dari persaingan yang tidak sehat.”
            Sedangkan peran UKM koperasi menurut UU No 25 Tahun 1992 Pasal IV ialah “ membangun dan mengembangkan potensi dan kemampuan ekonomi anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya untk meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosialnya.”
            Secara umum UKM memiliki peran yang penting dalam menunjang perekonomian seperti sbb:
·         Berperan secara aktif dalam upaya mempertinggi kualitas kehidupan manusia dan masyarakat
·         Memperkokoh perekonomian rakyat sebagai dasar kekuatan dan ketahanan perekonomian  nasional dengan koperasi sebagai soko gurunya.
·         Berusaha untuk mewujudkan dan mengembangkan perekonomian nasional ,yang merupakan usaha bersama berdasarkan atas asas kekeluargaan dan demokrasi ekonomi

Salah satu contoh UKM yang ada disekitar kita ialah seperti usaha “Manisan Buah Ceremai”  milik Indah yang tinggal di pulau Untung Jawa daerah Kepulauan Seribu yang merupakan daerah penghasil buah ceremai. Ia mengaku membuka usaha manisan ceremai dengan modal Rp. 90.000. usaha ini dijalankan selama setahun 2 kali,karena buah ceremai merupakan buah musiman. Namun keuntungannya bisa memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Untuk membuat manisan buah ceremai,Indah hanya membutuhkan buah ceremai dan gula pasir. Buah ceremai digiling,lalu ditaruh dalam boks yang dijual seharga Rp.6000. Namun buah ceremai yang udah jadi dihargai seharga Rp.8000 dipasaran,karna manisan ceremai dapat bertahan hingga 2 bulan.http://gunadarma.ac.id

0 komentar:

WiL Te~Amo © 2008 Por *Templates para Você*