Kamis, Oktober 11, 2012

EKONOMI KOPERASI


“Peranan Koperasi Terhadap Perkembangan Perekonomian Indonesia”

Ekonomi koperasi merupakan salah satu bentuk usaha organisasi yang dibuat oleh rakyat untuk rakyat yang berasaskan kekeluargaan. Ekonomi koperasi  bertujuan untuk membantu dan mensejahterakan perekonomian rakyat itu sendiri. Pada umumnya koperasi  berada didaerah-daerah kecil yang masyarakatnya merupakan masyarakat mandiri,seperti  USAHA MESIN PENETAS TELUR AC/DC  milik Yuli Nurjati (39) yang berada di daerah Demangan ,Kecamatan Ngadirejo,Kabupaten Tumanggung yang memang dikenal dengan unggas khasnya Cemani.

 


“Yuli Nurjati merupakan seorang sarjana lulusan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Yuli melanjutkan  usaha mesin penetas telur  milik ayahnya Mudasir dengan menggunakan modal awal Rp. 5 juta, pinjaman dari koperasi. Setelah ayahnya meninggal, Yuli akhirnya harus bekerja keras dan terjun langsung  untuk dapat memahami cara kerja mesin dan pemasarannya. Usahanya tidak sia-sia. Jika sebelumnya hanya mampu memproduksi 100 unit mesin penetas tiap bulan,saat ini Yuli dan karyawannya mampu memproduksi 200 unit lebih mesin penetas tiap bulan. Saat ini Yuli telah memiliki 150 agen berupa pultry shop. Yuli yang pada awalnya memiliki modal Rp. 5 juta kini telah menghasilkan nilai omzet 40 juta unit per bulannya.”

 

Dari cerita usaha Yuli Nurjati,ekonomi koperasi tidak hanya akan membantu usaha-usaha kecil masyarakat,tetapi juga dapat membuka lapangan pekerjaan untuk masyrakat setempat. Saat ini pemerintah juga telah membuka pameran khusus UKM (Usaha Kecil dan Menengah). Pameran tersebut dilakukan diberbagai daerah di Indonesia,untuk menjadi ajang mencari pelanggan dan kerjasama bagi masyarakat yang memiliki kreatif dan keterampilan khusus sebagai pengrajin.



“Seperti  seorang pengrajin sandal jepit dan tas yang terbuat dari anyaman pandan dan eceng gondok, Soebyantoro Soewandi (65) merupakan seorang pekerja wiraswasta yang sudah menggeluti pekerjaan kerajinan ini sejak hampir lima tahun. Sebagai contoh, Ia kerap membawa produk-produk kerajinannya dari eceng gondok,anyaman pandan,dan mendong dan beberapa tas ke pameran-pameran UKM di beberapa jumlah kota di Indonesia,termasuk Surabaya dan Jakarta,menjadi ajang untuk mencari pelanggan. Sejak itu,Ia juga rajin mengembangkan produksinya dan menjalin kerja sama dengan beberapa pengrajin sandal. Soebyantoro sendiri berharap pemerintah membantu pengrajin UKM untuk memasarkan produknya. Kerap terjadi,pengrajin memiliki barang-barang kerajinan yang layak dijual,hanya saja pengrajin lemah dalam memasarkan barangnya.

 

0 komentar:

WiL Te~Amo © 2008 Por *Templates para Você*