Bab
4 :
PERILAKU
KONSUMEN
1. faktor yang
memperbaiki keputusan beli
Super dan Crites
(Lidyawatie, 1998) menjelaskan bahwa ada beberapa faktor yang mempengaruhi
minat dalam keputusan membeli, yaitu :
gambar : faktor memperbaiki keputusan beli menurut Super dan Crites |
a. Perbedaan
pekerjaan, artinya dengan adanya perbedaan pekerjaan seseorang dapat
diperkirakan minat terhadap tingkat pekerjaan yang ingin dicapainya, aktivitas
yang dilakukan, penggunaan waktu senggangnya, dan lain-lain.
b. Perbedaan sosial ekonomi, artinya seseorang yang mempunyai sosial ekonomi tinggi akan lebih mudah mencapai apa yang diinginkannya daripada yang mempunyai sosial ekonomi rendah.
c. Perbedaan hobi atau kegemaran, artinya bagaimana seseorang menggunakan waktu senggangnya.
d. Perbedaan jenis kelamin, artinya minat wanita akan berbeda dengan minat pria, misalnya dalam pola belanja.
e. Perbedaan usia, artinya usia anak-anak, remaja, dewasa dan orangtua akan berbeda minatnya terhadap suatu barang, aktivitas benda dan seseorang.
2. Berbagai macam
situasi pembelian
Konsumen industrial dapat mengambil keputusan
pembelian dalam tiga macam situasi pembelian yang berbeda,yaitu :
·
Pembelian ulang (straight rebuy)
Setiap konsumen industrial pembelian ulang produk yang
telah lama mereka pergunakan sebagai pekerjaan sehari-hari. Sebagai contoh
pembelian pabrik-pabrik plywood
pembelian formaldhehyde dan kayu
balok sebagai bahan pembantu dan bahan baku produk mereka adalah pekerjaan
rutin.
·
Peninjauan kembali pembelian ulang (modified rebuy)
Karena sebab-sebab tertentu ada kalanya perusahaan ingin
meninjau kembali spesifikasi produk yang telah mereka beli sebelumnya. Peninjauan
kembali hal-hal yang bersangkutan dengan pembelian ulang bahan atau jasa
pendukung itu biasanya dilakukan oleh beberapa pejabat perusahaan yang bertugas
dalam bidang pembelian,produksi,pemasaran dan keuangan.
·
Pembelian produk baru
Pengambilan
keputusan membeli barang atau jasa baru dipengaruhi oleh harga produk dan
tinggi rendahnya resiko pembelian. Semakin banyak dana yang dibutuhkan untuk
pembelian produk dan semakin tinggi resiko yang dihadapi perusahaan,semakin
banyak pula pejabat perusahaan yang ikut mengevaluasinya.
3. Struktuk keputusan pembelian
Struktur
keputusan membeli penting,karena sesudah menetukan kebutuhan dan mempunyai
keinginan akan produk tertentu, konsumen diharapkan untuk memunculkan keputusan
untuk membeli.
Struktur
pembelian konsumen dibagi menjadi 6 bagian yaitu :
Keputusan tentang jenis produk
Konsumen
dapat memutuskan untuk membelanjakan uangnya untuk membeli produk ‘A’ atau
tujuan lain selain melakukan pembelian. Para pemasar harus memusatkan perhatian
pada konsumen yang diharapkan memutuskan untuk untuk membeli produk ‘A’ dari
alternatif lain yang mereka pertimbangkan uangnya untuk membeli komputer atau
keperluan lain seperti membeli kamera, pakaian, dan buku.
Keputusan tentang merk
Konsumen
memutuskan merk yang akan diambil. Perusahaan harus mengetahui bagaimana
konsumen memilih sebuah merk. Misalnya berdasarkan informasi yang dihimpun,
pegawai tersebut memilih untuk mendapatkan komputer merk Compac.
Keputusan
tentang penjualan
Konsumen memutuskan dimana akan membeli di toko serba ada,
elektronik, toko khusus dan lain-lain, perusahaan Harus mengetahui bagaimana
konsumen memilih penjual tertentu. Misalnya mahasiswa tersebut mempunyai
pilihan membeli di toko elektronik, toko khusus komputer atau agen tertentu.
Disamping pertimbangan harga, ia mempertimbangkan pula layanan yang didapat
baik pada waktu membeli layanan purna jual.
Keputusan tentang jumlah
barang/produk
Konsumen
memutuskan jumlah produk yang akan dibeli. Perusahaan harus mempertimbangkan
banyaknya produk tersedia untuk konsumen sesuai keinginan konsumen yang
berbeda-beda.
Keputusan
tentang waktu pembelian
Konsumen memutuskan
kapan harus membeli, Perusahaan harus mengetahui faktor-faktor yang
mempengaruhi konsumen dalam penentuan waktu pembelian, yang juga mempengaruhi
perusahaan dalam mengatur waktu produksi, pemesanan, periklanan dan sebagainya.
Keputusan tentang cara membayar
Konsumen
memutuskan mode pembelanjaan yang disukainya, perusahaan harus mengetahui hal
ini yang akan mempengaruhi dalam penawaran pembaya
4.Tahap-tahap dalam proses pembelian
konsumen mengambil keputusan membeli barang atau jasa non-kebutuhan sehari-hari melalui satu proses tertentu. proses pengammbilan keputusan tersebut terdiri dari lima tahap yaitu :
- pengenalan kebutuhan (need recognition)
- pencarian alternatife informasi yang terkumpul (alternatife information)
- keputusan untuk membeli (purchase decision)
- evaluasi sesudah pembelian (post purchase evaluation)
gambar : proses keputusan pembelian |
keputusan konsumen memilih suatu barang atau jasa dapat dipengaruhi oleh harga dan syarat pemmbayaran produk-produk yang bersaing dipasar. dilain pihak iklan da sarana promosi penjualan sering juga mempengaruhi persepsi knsumen terhadap produk yang dipromosikan.
5. Proses keputusan beli industrial
Proses keputusan membeli konsumen industrial secara keseluruhan terdiri dari tujuh tahap,yaitu :
www.cai.elearning.gunadarma.ac,id/webbasedmedia/
sumber :
sutojo,siswanto. Manajemen pemasaran, jakarta : PT damar mulia pustaka, 2009.
kotler,philip. Manajemen pemasaran edisi 13, jakarta : erlangga ,2009 .
0 komentar:
Posting Komentar