BAB I
PENDAHULUAN
A.LATAR
BELAKANG
Melalui segmentasi pasar,perusahaan membagi pasar dan heterogen menjadi segmen yang lebih kecil yang dapat dicapai secara lebih efisien dan efektif dengan produk dan jasa yang sesuai dengan kebutuhan unik mereka.
Melalui segmentasi pasar,perusahaan membagi pasar dan heterogen menjadi segmen yang lebih kecil yang dapat dicapai secara lebih efisien dan efektif dengan produk dan jasa yang sesuai dengan kebutuhan unik mereka.
B.RUMUSAN MASALAH
1. Apakah yang dimaksud dengan segmentasi pasar
2.Bagaimana persyaratan segmentasi pasar yang efektif bagi perusahaan
3.Bagaimana kriteria segmentasi pasar yang baik bagi perusahaan
4. Bagaimana cara penetapan target pasar dalam segmentasi pasar
5. Bagaimanakah hubungan penetapan pasar sasaran dengan segmentasi pasar
6. Bagaimana cara menentukan strategi Penentuan Posisi Produk
1. Apakah yang dimaksud dengan segmentasi pasar
2.Bagaimana persyaratan segmentasi pasar yang efektif bagi perusahaan
3.Bagaimana kriteria segmentasi pasar yang baik bagi perusahaan
4. Bagaimana cara penetapan target pasar dalam segmentasi pasar
5. Bagaimanakah hubungan penetapan pasar sasaran dengan segmentasi pasar
6. Bagaimana cara menentukan strategi Penentuan Posisi Produk
C.TUJUAN
MASALAH
1. Untuk mengetahui definisi segmentasi pasar
2. Untuk mengetahui persyaratan segmentasi pasar yang efektif bagi perusahaan
3. Untuk mengetahui kriteria segmentasi pasar yang baik bagi perusahaan
4. Untuk mengetahui cara penetapan target pasar dalam segmentasi pasar
5. Untuk mengetahui hubungan penetapan pasar sasaran dengan segmentasi pasar
1. Untuk mengetahui definisi segmentasi pasar
2. Untuk mengetahui persyaratan segmentasi pasar yang efektif bagi perusahaan
3. Untuk mengetahui kriteria segmentasi pasar yang baik bagi perusahaan
4. Untuk mengetahui cara penetapan target pasar dalam segmentasi pasar
5. Untuk mengetahui hubungan penetapan pasar sasaran dengan segmentasi pasar
BAB II
ISI
ISI
A. DEFINISI
SEGMENTASI PASAR
segmentasi pasar mencakup pembagian pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli yang lebih kecil dengankebutuhan, karakteristik, atau perilaku perbedaan yang mungkin memerlukan produk atau bauran pemasaran tersendiri. Perusahaan mengidentifikasi berbagai cara untuk melakukan sementasi pasar dan mengembangakan profil segmen pasar yang dihasilkan. Penetapan target pasar terdiri dari mengevaluasi masing-masing daya tarik segmen pasar dan memilih satu atau lebih segmen pasar untuk dimasuki.
segmentasi pasar mencakup pembagian pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli yang lebih kecil dengankebutuhan, karakteristik, atau perilaku perbedaan yang mungkin memerlukan produk atau bauran pemasaran tersendiri. Perusahaan mengidentifikasi berbagai cara untuk melakukan sementasi pasar dan mengembangakan profil segmen pasar yang dihasilkan. Penetapan target pasar terdiri dari mengevaluasi masing-masing daya tarik segmen pasar dan memilih satu atau lebih segmen pasar untuk dimasuki.
B. PERSYARATAN
SEGMENTASI PASAR YANG EFEKTIF
Ada
beberapa kriteria segmantasi pasar yang harus dipenuhi agar segmentasi pasar
dapat bergerak secara efektif,yaitu :
a. Terukur(measurable)
Terdiri atas ukuran,daya beli dan karaktistik segmen dapat
diukur
b. Substansial
merupakan segmen yang cukup besar
dan menguntungkan untuk dilayani. Suatu segmen harus merupakan kelompok homogen
terbesar yang paling mungkin,yangberharga untuk diraih dengan program pemasaran
yang dirancang khusus.
c. Dapat Diakses
merupakan segmentasi pasar yang dapat dijangkau dan dilayani
secara efektif.
d. Dapat Didiferensiasi
merupakan segmen-segmen secara konseptual
dapat dipisah-pisahkan dan memberikan tanggapan-tanggapan yang berbeda terhadap
elemen dan pogram bauran pemasaran yang berbeda.
e. Dapat Ditindaklanjutin
merupakan program-program segmen
yang efektif yang dapat diformulasikan untuk dapat menarik dan melayani segmen-segmen
tersebut.
C.
KRITERIA SEGMENTASI PASAR
Adapun jenis kriteria segmentasi pasar ialah menyesuaikan
program pemasaran agar dapat mengenali perbedaan pelanggan. Kriteria segmentasi
pasar tersebut terdiri atas beberapa bagian sbb:
1. Segmentasi Geografis
Segmentasi geografis merupakan pemagian pasar yang terdiri
dari berbagai unit geografis seperti negara,negara
bagian,wilayah,kabupaten,kota,atau lingkungan sekitar. Misalnya hotel JW
Marriot menyesuaikan kamar dan lobi menurut lokasi. seperti hotel yang berada
di Timur lebih kosmopolitan,sedangkan yang di Barat lebih bernuansa
pedesaan.
2. Segmentasi Demografis
Segmentasi pasar secara demografis,terbagi menjadi beberapa
kelompok-kelompok berdasarkan variabel-variabel seperti usia,ukuran
keluarga,siklus hidup keluarga,jenis
kelamin,penghasilan,pekerjaan,pendidikan,agama,ras,generasi,kebangsaan,dan
kelas sosial. segmentasi variabel sangat populer bagi pemasar. Hal ini
dikarenakan variabel ini sangat erat kaitannya
dengan kebutuhan dan keinginan konsumen,serta mudah diukur.
3. Segmentasi Psikografis
Psikografis merupakan ilmu yang digunakan psikologi dan
demografi,agar dapat memahami konsumen. Sehingga,dalam segmentasi pasar secara
psikografis pembeli dapat dibagi menjadi beberapa kelompok berdasarkan sifat psikologis/kepribadian,gaya
hidup,sikap,motivasi,ataupun nilai. Hal ini dapat dilihat ketika sikap konsumen
terhadap produk tertentu.
4. Segmentasi Perilaku
Dalam segmentasi perilaku ataupun kebiasaan,pemasar membagi
pembeli menjadi beberapa kelompok berdasarkan pengetahuan,sikap,penggunaan,atau
respon konsumen terhadap suatu produk.
D.
PENETAPAN TARGET PASAR
Penetapan sasaran pasar merupakan pasar yang akan dilayani
oleh perusahaan. Sasaran pasar perlu ditetapkan agar strategi dan program
pemasaran dapat lebih terarah pada sasarannya. Untuk menetapakan sasaran pasarnya,perusahaan perlu
terebih dahulu melakukan penilaian terhadap masing-masing kelompok pasar.
Sehingga dengan dilakukannya penilaian,makaperusahaan akan lebih mudah
menentukan pasar yang akan diajdikan sebagai sasarannya.
Ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan sebagai dasar
penilaian masing-masing segmen pasar :
·
Luas dan
pertumbuhan segmen pasar
Perusahaan perlu melihat perkiran luas pasar,pertumbuhan dan
keuntungan pasardan proyeksinya dimasa depan untuk masing-masing segmen. Luas
pertumbuhan pasar yang tinggi memang menarik,tetapi memerlukan sumberdaya yang
tinggi. Sehingga agar mendapatkan keuntungan yang besar dimasa depan,perusahaan
telah memilih segmen pasar yang potensial.
·
Struktur
pasar
Potensial pasar dapat ditunjukan
dengan kemampuan pasar tersebut memberikan hasilnya kepada perusahaan. Akan
tetapi struktur pasarlah yang dapat menentukan kemampuan posisi pasar tersebut
untuk jangka panjang.
Komponen struktur suatu pasar meliputi :
1)
situasi persaingan
2)
pengaruh dari pemasok
3)
kekuatan dari pembeli
4)
barang-barang pengganti maupun
komplementernya
·
Tujuan dan
kapasitas perusahaan
Tujuan dan kapasitas suatu perusahaan dapat merupakan hal
yang utama untuk menentukan kemampuan suatu perusahaan agar dapat menguasai
sasaran pasarnya.
E. HUBUNGAN ANTARA PENETAPAN SASARAN PASAR DAN SEGMENTASI PASAR Hubungan antara penetapan sasaran Pasar dan Segmentasi pasar
dapat dilihat dalam lima pola segmen,yaitu sbb :
·
konsentrasi segmen-tunggal
dilakukan melalui pemasaran terkonsentrasi ,dimana
perusahaan mendapatkan pengetahuan yang kuat tentang kebutuhan segmen,sehingga
kehadiran di pasar akan sangat kuat. Selain itu,perusahaan juga dapat menikmati
keekonomisan operasi melalui spesialisasi produksi,distribusi,dan promosinya.
Sehingga jika perusahaan dapat memimpin segmen,perusahaan dapat memnghasilkan
tingkat pengembalian tinggi atas investasinya.
Misalkan perusahaan mobil Volkswagen berkonsentrasi pada
pasar mobil kecil,Karena serangannya terhadap pasar mobil besar dengan Phaeto
gagal di AS dan Porsche di pasar mobil sport.
·
spesialisasi selektif
perusahaan memilih sejumlah segmen ,masing-masing secara
objektif,menarik dan tepat. Mungkin ada sedikit atau tidak ada sinergi antara
segmen tersebut,tetapi masing-masing segmen menjanjikan sebagai penghasil uang.
Strategi segmen ini mempunyai kelebihan yaitu dapat mendiversifikasikan resiko
perusahaan
·
spesialisasi produk
perusahaan membuat produk tertentu dan kemudian dijual
kebeberapa segmen pasar. Pembuat mikroskop,misalnya,menjual produk ke
universitas,pemerintah,dan laboratorium komersial. Akan tetapi,perusahaan
membuat mikroskop yang berbeda untuk tiap kelompok pelanggan yang berbeda dan
membangun reputasi kuat dalam wilayah produk ini.
·
spesialisasi pasar
perusahaan terkonsentrasi untuk melayani berbagai kebutuhan
dari satu kelompok pelanggan tertentu. Misalnya,perusahaan menjual satu koleksi
produk tertentu ke sebuah laboratorium universitas. Maka perusahaan akan
mendapatkan reputasi yang kuat dalam melayani kelompok pelanggan ini. Namun
sisi buruknya bahwa kelompok pelanggan bisa mengalami potongan anggaran atau
penyusutan ukuran.
·
cakupan pasar penuh
Perusahaan melayani semua kelompok pelanggan dengan semua
produk yang mungkin mereka butuhkan.
F. STRATEGI PENENTUAN STRATEGI PRODUK
a. Posisi berdasarkan atribut Produk
Suatu produk dapat
dilihat berbeda oleh konsumen menurut atribut produk, misalnya
kualitas,harga,penampilan ataupun modelnya.
suatu produk dibedakan dengan produk pesaing berdasarkan kegunaan produk,fungsi,atau manfaat menggunakannya. Misalnya kedudukan sepatu olahraga akan fungsi,atau manfaat menggunakannya.
c.
Posisi berdasarkan penggunaan produk
suatu produk diposisikan untuk penggunaannya berdasarkan
pada saat kondisi tertentu. Misalkan computer dibedakan menurut pamakaian
menetap (dekstop) atau untuk kepentingan diperjalanan (laptop).
d.
Posisi berdasarkan pemakai produk
suatu produk dibedakan secara langsung sesuai dengan
perbedaan atau kekhususan pemakai produk. Misalnya posisi kendaraan menurut
kepentingan keluarga akan berbeda dengan posisi kendaraan untuk pemakaian untuk
niaga.
e.
Posisi yang membedakan langsung dengan pesaing
suatu
produk dapat dirancang berbeda secara langsung dengan cara menyinggung atau
menyebut atribut produk pesaingnya.
BAB III
KESIMPULAN
Produsen/perusahaan
membuat segmentasi pasar untuk memasarkan produknya hal ini disebabkan karena
perusahaan tahu,bahwa mereka tidak dapat tampil sebagai pembeli di pasar
mereka. Pembeli juga terlalu banyak,terlalu tersebar luas,dan mempunyai
kebutuhan dan praktek pembelian yang sangat beragam. Karena itu,sebagian besar
perusahaan memasarkan produknya mempraktekkan odpemasaran sasaran dengan
mengidentifikasikan pemasaran sasaran,mengidentifikasikan segmen pasar,memilih
satu atau lebih segmen pasar, dan mengembangkan produk dan bauran pemasaran
untuk masing-masing segmen tersebut.
0 komentar:
Posting Komentar