Kamis, Mei 15, 2014

GAYA BAHASA PADA IKLAN TELEVISI

Berdasarkan definisinya, Iklan merupakan suatu kegiatan yang bertujuan untuk memperkenalkan barang atau jasa yang ditawarkan kepada calon pelanggan atau konsumen sekaligus mengajak calon pembeli untuk memiliki barang yang ditawarkan. Sehingga,tanpa adanya iklan baik dari pihak produsen ataupun calon pembeli akan sama - sama dirugikan.

Untuk mengiklankan produknya, biasa nya produsen akan menggunakan media massa seperti televisi,media cetak,reklame,dan media lainnya. Namun, dari semua media yang ada televisi adalah media yang hampir sudah dimiliki oleh seluruh masyarakat di Indonesia. Sehingga ,tidak heran jika kebanyakan produsen lebih banyak berlomba- lomba untuk mengiklankan produknya melalui media Televisi  dengan bentuk dan gaya bahasa iklan yang sekreatif mungkin.

Misalnya pada iklan Mie Sedap, PT. Unilever menggunakan gaya bahasa hiperbola. Kalimat yang berlebihan pada iklan ini yaitu “ Gue Ivan, basket adalah segalanya bagi Gue”. Pada kalimat ini dinyatakan bahwa basket adalah segalanya bagi Ivan, pernyataan ini dirasa terlalu berlebihan karena tidak mungkin manusia bisa hidup hanya dengan bermain basket. Penggunaan gaya bahasa ini bertujuan untuk meyakinkan pembeli bahwa mie sedaap itu adalah mie yang paling berkualitas dibanding dengan mie yang lainnya. Karena si Ivan menganggap bahwa mie sedaap adalah segalanya bagi hidupnya.


Berdasarkan contoh iklan tersebut, walaupun gaya bahasa iklan yang ditonjolkan tidak sesuai dengan pola bahasa EYD,tapi bisa dijadikan bahan pembelajaran terutama untuk anak- anak sekolah atau pun mahasiswa. Karena dengan adanya media yang tepat, pemahaman mahasiswa/I mengenai jenis-jenis gaya bahasa dapat membantu mahasiswa/i untuk memahami pesan  yang disampaikan dan mengetahui jenis – jenis dari gaya bahasa yang digunakan oleh iklan tersebut. 

Sumber : 

0 komentar:

WiL Te~Amo © 2008 Por *Templates para Você*