Senin, Januari 02, 2012







Strategi  Distribusi 
Definisi Distribusi
Pendistribusian dapat diartiakan sebagai kegiatan pemasaran yang berusaha
memperlancar dan mempermudah penyampaian barang dan jasa dari produsen
kepada konsumen,sehingga penggunannya sesuai yang diperlukan
(jenis,jumlah,harga,tempat,dan saat dibutuhkan). Dengan kata lain pendistribusian
merupakan aktivitas pasar yang mampu: 
1.    Menciptakan nilai tambah produkmelalui fungsi-fungsi pemasaran yang dapat merealisasikan kegunaan/utilitas bentuk,tempat,waktu,dan kepemilikan.
2. Memprlancar arus saluran pemasaran secara fisik dan non-fisik. Yang     dimaksud dengan arus pemasaran adalah aliran kegiatan yang terjadi diantara lembaga.
Tipe – tipe saluran pemasaran

·    Wholeseller (biasa disebut grosiran atau kulakan) dan peritel (pedagang eceran)
Misalnya makro,goro dan para peagang ditanah abang dan ITC mangga dua.
·         Brokers, manufactures,reps,sales agent(agent)
Merupakan salurang yang biasanya memperoleh barang dari wholeseller,atau produsen langsung.
· Bank ,transportation ,jaa pergudangan(werehouse) ,bank,jasa periklanan(faciliators)
Pihak-pihak ini sering disebut fasiliator karena mereka memang memfasilitasi aspek-aspek yang dibutuhkan dalam penyerahan barang ke konsumen.

Fungsi saluran Pemasaran 
Secara umum ,fugsi dari saluran pemasaran ada tiga ,yakni berkaitan dengan waktu penyerahan ,biaya serta kebutuhan akan tempat. Semuanya akan memberikan nilai tambah bagi sebuah produk. Ketiga ahl tersebut,bila kita kembangkan dapat terbagi menjadi 8,yaitu sbb :
1)   Mendapatkan informasi Þ karena saluran pemasaran bisa menjadi “telinga dan mata” produsen.
2)  Promosi /komunikasi Þ selain jadi “telinga dan mata,”mitra saluran pemasaran inijuga dapat menjadi “mulut.”
3)     Negosiasi Þ konsumen dapat memiliki karakter yang sangat bervariasi.
4)  Distribusi fisik Þ dalam pergudangan dan pergedakan barang,kita membahas tentang penyimpanan dan transportasi barang.
5)     Menangani pembayaran pembelian
6)     Pembiayaan

Tingkatan saluran pemasaran
Menjelang barang sampai ketangan konsumen,produsen biasanya menyalurkan lewat beberapa tahapan pemasaran. Tahapan ini terdirdari beberapa level,yaitu sbb :
·         Zero level channel (direct marketing)
·         One level channel (produsen – peritel - konsumen)
·         Two level channel (produsen-wholeseller-peritel-konsumen)
 
Teknik Strategi Distribusi Eceran
Untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar dibutuhkan strategi distribusi yang tepat untuk menyalurkan barang atau jasa dagangannya ke tangan konsumen. Berikut ini adalah metode distribusi yang dapat dipilih oleh suatu perusahaan bisnis untuk memaksimalkan laba.
1.    Strategi Distribusi Intensif
Distribusi intensif adalah strategi distribusi yang menempatkan produk dagangannya pada banyak retailer atau pengecer serta distributor di berbagai tempat. Tehnik ini sangat cocok digunakan untuk produk atau barang kebutuhan pokok sehari-hari yang memiliki permintaan dan tingkat konsumsi yang tinggi. Contoh seperti sembako, rokok, sikat gigi, odol, sabun, deterjen, dan lain sebagainya.
2.   Strategi Distribusi Selektif
Distribusi selektif adalah suatu metode distribusi yang menyalurkan produk barang atau jasa pada daerah pemasaran tertentu dengan memilih beberapa distributor atau pengecer saja pada suatu daerah. Di antara distributor atau pengecer akan terdapat suatu persaingan untuk merebut konsumen dengan cara, teknik dan strategi masing-masing. Contoh saluran distribusi selektif adalah produk elektronik, produk kendaraan bermotor, sepeda, pakaian, buku, dan lain sebagainya.
3.   Strategi Distribusi Eksklusif
Distribusi eksklusif adalah memberikan hak distribusi suatu produk pada satu dua distributor atau pengecer saja pada suatu area daerah. barang atau jasa yang ditawarkan oleh jenis distribusi eksklusif adalah barang-barang dengan kualitas dan harga yang tinggi dengan jumlah konsumen yang terbatas. Contoh distribusi ekslusif adalah seperti showroom mobil, factory outlet, restoran waralaba, produk mlm / multi level marketing / pasif income, mini market, supermarket, hipermarket, dan lain-lain.

 
SUMBER
SUTOJO,SISWANTO,MANAJEMEN PEMASARAN,JAKARTA : PT DAMAR MULIA PUSTAKA,2009.
  

0 komentar:

WiL Te~Amo © 2008 Por *Templates para Você*